Subscribers

Artikel

01/07/2013

Power Of A Yawn!

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhh_U_F_YlJwszLBcbIscxm6HhuZQC59f8j8gY5GTb2w4FDxG7-KomLEVHqLGzW8-Q6FmV6W20ACdAlzfJdhRBaL8ShHZhzHSfYfu6bQnkezNHeEyPQCZ3phYgtUQ0PAb4Wt9n5Q1Ykwt79/s200/menguap+1.jpg 

 Power of a yawn? Apaan nih? Power ranger baru?
   Bukan, Power of a yawn itu maksudnya adalah kekuatan menguap. Maksud gue disini bukan menguap dari cair menjadi gas atau semacamnya. Jadi gini gue jelain dulu,

   Lo pernah menguap kan? Pasti pernah. Gue nulis post yang ini aja sampe nguap berkali-kali.

   Jadi makna dari menguap ini sangatlah banyak, mulai dari kelelahan, bosan, stres, ngantuk dan lain-lain. Menguap juga bisa terjadi bila ada kelebihan karbondioksida atau kelangkaan oksigen dalam aliran darah. Mungkin lebih menarik lagi kalau gue bilang bahwa menguap itu bisa menular di antara manusia. Setidaknya bisa kita rasakan ketika orang lain menguap, membaca tulisan yang panjang, membaca tentang menguap dan bisa juga dengan pemikiran. Sebenarnya itu aja sudah cukup mendorong perilaku tersebut untuk menular.

   Meskipun aktifitas menguap adalah aktifitas yang sangat umum, namun secara fisiologis dan psikologis menilai ini sebagai perilaku yang kurang bisa dipahami. Menguap adalah aktifitas yang ditandai dengan perilaku mulut yang menganga, disertai dengan menarik napas dalam-dalam, yang berakhir dengan menutup mulut dengan cepat sambil mengeluarkan air mata. Perilaku ini berada di bawah kontrol kesadaran, sehingga tidak dapat dikendalikan.

   Masih belum percaya kalau menguap itu bisa menular? Oke, gue kasih video nih.






  Nah loh, udah nguap belum lo? Pasti udah. HAHAHA!
 

   Jadi, menguap itu adalah tindakan refleks yang terjadi pada semua orang. Biasanya dilakukan untuk menghidup udara dalam jumlah yang banyak.

   Studi yang terbaru menunjukkan kalau menguap itu bukan cuma sebagai tanda seseorang pengen tidur. Tujuan menguap itu juga bisa mendinginkan otak sehingga otak bisa beroperasi lebih efisien dan tetap terjaga.

   Terus kenapa kalau ada orang menguap, yang ngeliatnya juga ikut nguap?

    Penyebab menguap menular dipicu karena mekanisme empatik yang berfungsi untuk menjaga kewaspadaan kelompok. Karena menguap adalah tanda empati. Kalimat itu yang di ucapkan oleh seorang peneliti ( Dr Gordon Gallup )

Penyebab lain menularnya menguap karena aktifnya sistem saraf cermin ( mirror neurons system ) yaitu neuron yang terletak di bagian depan setiap belahan otak vertebrata tertentu. Ketika menerima rangsangan dari spesies yang sama, maka spesies tersebut akan mengaktifkan daerah yang ama di otak. Hal itulah yang menyebabkan seseorang menguap jika melihat orang yang sedang menguap.


   Nah, pertanyaan gue.
   Udah berapa kali lo nguap ketika baca post gue yang ini + nonton video yang gue kasih? Selamat mengingat ~




2 comments:

  1. Gue gak nguap tuh.. soalnya baru kebangun tidur, jadi masih seger...

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Gallery