Subscribers

Artikel

24/06/2013

Cinta Bersemi di Wiladatika #PART 4



 
Kamis, 16 Mei 2013 ( Hari ke 4 )


   "Semuanya baris sesuai kelompok masing-masing!"
   Pagi itu pukul 7.30 ibu Titin membariskan kami di lapangan Gajah Mada. Gue kirain seluruh peserta dibariskan untuk di saring dan di kirim mangkal ke makam pahlawan. Ternyata ini bukan malam minggu, bahkan belum malam, masih pagi.

   Pagi itu seluruh peserta di bariskan dan di bagi lagi menjadi 2 kelompok. Kelompok 1 sampai 13 adalah kelompok satu, dan sisanya adalah kelompok dua. Kelompok satu mendapat kegiatan Keperdulian, dan kelompok dua mendapat kegiatan permainan kepemimpinan.

   Gue masuk di kelompok satu (lagi). Waktu kegiatan keperdulian, kelompok satu di bagi menjadi dua tim lagi. Tim pertama ke panti asuhan yatim piatu Ulul Ilmi, dan tim kedua ke panti asuhan sosial Fisabillilah. Gue ada di tim dua.

   Di panti sosial Fisabillah, seluruh peserta disuruh untuk membersihkan wilayah sekitar yang ada di lingkungan tersebut. Mulai dari taman, jalan, sampai kandang binatang. Yang apesnya gue dapet bagian di kandang binatang.

   Ketika masuk ke kandang, gue bisa ngeliat berbagai macam spesies eek dan dengan jenis yang berbeda pula. Ada eek kambing yang bulet kehijauan, ada eek burung yang cair seperti coklat yang sudah meleleh, ada eek bebek yang entah gimana bentuknya.


Candra dengan saudaranya


Ngasih makan titit burung

   Pertama gue heran kenapa si Candra semangat banget masuk ke kandang binatang, ternyata disitu ada saudara jauhnya. Dan bisa dilihat dari foto pertama, Candra sudah terangsang berat karena ngeliat kambing telanjang. Dengan muka penuh nafsu dia menjalankan beberapa modus, salah satunya ngasih makan kambing.

   Disini juga gue dan temen-temen ngasih makan titit burung. Jujur, gue baru pertama kali ngasih makan burung dengan cara menaruh makanannya di tangan gue. Gue pernah ngebayangin kalau gue ngasih makan burung itu di paris. Sayang, yang kesampean cuma bisa ngasih makan burung di kandang binatang.

   Usai membersihkan lingkungan, kami mengadakan sosialisasi kepada anak-anak panti sosial Fisabillilah, disitu peserta LDK berpartisipasi di dalam acara, ada yang menghibur dan ada juga yang memberikan tebak-tebakan berhadiah.

   Gue masih inget percakapan absurd anak LDK dengan panti sosial.
   "Nama adik siapa?"
   "Agus."
   "Nama panjangnya?"
   "Agusssssssss"

   Oke, gue ngga tau disini siapa yang bener dan siapa yang salah. Intinya ini adalah pecakapan paling absurd!

   Cukup lama bersosialisasi dengan anak-anak yang ada di panti sosial, sebelum pulang seluruh peserta LDK diperintahkan untuk mencari satu adik panti untuk satu peserta LDK dan menyuapkannya makanan.

   "Dek.. Ini nih makan nih" Gue coba buat nyuapin kue ke mulut salah satu adik di panti.
   "Ngga mau ah, ngga usah di suapin bang"
   "Udah.. Ayo dong sayang, makan kuenya. Kalau kamu ngga makan aku cubit terus aku cium loh.." 
   Lalu adik itu langsung lari dan pergi ninggalin gue. Gue ngga tau salah gue dimana, apa gue terlalu baik sama dia? Ah sudahlah..
akhirnya tiba kami untuk pulang. Saat pulang kami di berikan pin kenang-kenangan dari panti sosial tersebut.


Kelompok 1 & Anak panti sosial Fisabillilah




    Di perjalanan pulang, banyak peserta yang mati (baca : tidur) di jalan. Maksud gue mereka bukan tidur-tiduran di jalan sambil nunggu mobil lewat terus mereka kena lindes. Maksud gue mereka tidur di dalam mobil angkutan sewaktu menuju Taman Wiladatika. Ada beberapa foto penampakannya,



 Prima - Sumatra Barat

 Rayhan - Makasar

 Dan ini... Gue lupa.




   Sekitar 45 menit, kami tiba di Taman Wiladatika. Saat itu kelompok satu di persilahkan untuk membersihkan diri di asrama masing-masing. Ketika gue lagi nyantai di kamar, tiba-tiba temen gue dari kelompok 2 ngomong,

   "Gila, capek banget!"
   "Ngapain aja?"
   "Banyak deh, nanti di kasih games ini itu, pokoknya capek"
   "...."

   Gue denger cerita dari temen gue aja udah takut, gue coba ngebayangin sejenak. Secapek apa gamesnya nanti? Apa gue bakal disuruh push-up pake lidah? Atau gue harus niup balon pake hidung? Itu serem.

   Akhirnya pada saat itu gue memutuskan untuk tidak mandi. Gue cuma ganti baju doang.
   "Nanti juga keringet lagi" Pikir gue.
   Jujur ya, pada saat itu gue cabut di kegiatan ibadah. Mungkin bukan cuma gue aja, di antara temen-temen gue juga ada.

13.00
   Tiba saatnya kelompok satu untuk merasakan games kematian yang diberikan oleh fasilitator. Kelompok satu di pecah menjadi beberapa kelompok. Setiap kelompok akan bergilir memain games. Gamesnya dilaksanakan di lapangan Gajah Mada. Bersyukur saat kelompok satu bermain games, cuacanya tidak terlalu panas, alias mendung.

   Saat itu disediakan 10 pos atau 10 games. Masing-masing games akan di pimpin oleh fasilitator yang berbeda. Gamesnya lebih aneh dari hari kemarin. Mulai dari ngangkat salah satu dari tim kita menggunakan tandu, karapan sapi, midahin bola pake bambu, rawa beracun, dan lain-lain.

Kelompok gue ngga sempat dapet games kelereng..


   Gue masih kata fasilitator yang ada di kawah beracun,
   "Kalau kalian jatuh, kalian akan mati dan infeksi karena kawah ini beracun"
   Saat itu kelompok gue gagal, dan alhasil anggota kelompok kami ngga ada yang tewas dan infeksi. Mungkin tuhan ngasih kami kesempatan hidup sekali lagi. Mungkin..


Kelompok gue nih





   Seperti biasa, setelah games selesai semua. Seluruh peserta disuruh untuk kembali ke kamar dan membersihkan diri dari najis. Gue biasanya kalau mandi suka di tengah-tengah, giliran kamar mandi ngga terlalu rame, dan ngga terlalu sepi. Biasanya gue suka nyantai-nyantai dulu di dalem kamar sebelum mandi.

   "Aku udah di kasih respon nih sama Gorontalo"! Kata Candra tiba-tiba.
   Waktu LDK, Candra suka sama salah seorang dari Gorontalo. Gabby namanya.
   "Respon gimana Can?" 
   "Liat nih" Dia nunjukin chatnya si Gabby ke gue.
   Ternyata mereka janjian nanti malem untuk ngobrol bareng. Gue ngga tau si Candra mau nembak atau cuma sekedar ngajak ngomong. Terus gue berpikir,
   "Apa gue harus nembak syifa malem ini? Tapi gue kan belum kenal deket sama dia."
   Karena binggung, gue nanya aja ke Candra dan temen-temen,
   "Eh, aku juga mau ngomong deh sama si Syifa, tapi ngga berani."
   "Udah beraniin aja, nanti nyesel loh!"
   "JLEB!" Gue takut dengan kata NYESEL. Gue ngga mau akhir dari rasa gue ini berakhir dengan penyesalan. Oke gue harus berani. Saat itu gue ngeberaniin diri buat nge-bm Syifa.

   "Dek.. Nanti malem pas mau balik ke asrama tungguin kakak bentar ya, ada yang mau di omongin"
   "Ya" Jawabnya singkat.
   Iya ini nyesek, tapi ngga apa-apa deh. Yang penting udah di respon.
   Gue pengen tau si Syifa ini udah punya pacar apa belum, tapi dari teme-temen gue, katanya dia udah punya pacar. Yah gue pura-pura ngga tau aja, lumayan buat bahan pembicaraan nanti malem.

20.30
   Kegiatan dinamika kelompok 2 di ganti dengan acara fashionshow.
    Pukul setengah sembilan gue lagi bersiap untuk ke aula Sarbini. Selesai ibadah gue langsung masuk ke kamar untuk ganti memakai pakaian daerah yang sudah di perintahkan oleh fasilitator.

   "Krek!"
   Pintu kamar gue ke kunci dan kunci kamarnya ada sama temen gue dari Aceh.
   "Ah sial! Kemana si Aceh ini lagi, lama amat"
   Kebetulan pintu kamar 6 udah kebuka, jadi gue numpang ke kamar 6.
   15 menit gue nunggu, temen gue ngga kunjung datang. Akhirnya karena gue buru-buru, gue coba geser dinding yang terbuat dari papan yang di lapis-lapis. Alhasil pas gue geser, dindingnya jebol dan gue bisa masuk ke kamar gue. Gue ngga tau cara benerin dindingnya, intinya gue bisa masuk ke kamar gue. Titik!

   Saat itu gue memakai pakaian adat Melayu. Sebelum ibadah, gue dan temen-temen gue udah berbincang masalah pakaian. Ada yang membawa baju melayu, batak dan aja juga yang menjadi MC. Waktu itu Syifa dan Nadya membawa pakaian Melayu, untungnya Nadya ngerti kode dari gue, akhirnya dia jadi MC.

   Gue berpasangan sama Syifa, Eben berpasangan dengan Ratu, Chandra berpasangan dengan Tasya dan Joko berpasangan dengan Lili.

   "YEESSS!" Teriak gue dalam hati.
   Gue seneng, lumayan di acara ini gue bisa lebih deket sama Syifa, biarpun cuma sebentar.

   Setelah selesai pakaian, gue dan temen-temen cowok pergi ke asrama cewek untuk melihat keadaan mereka. Gue ketok pintu kamarnya, ngga ada jawaban..
   Gue ketok sekali lagi, dan hasilnya sama.
   Akhirnya gue pergi ke asrama tempat Ibu Ade. Pas gue ketok, muncul Ratu yang buka pintu. Ternyata peserta cewek ada di kamar Ibu Ade.

   "Eh di, Syifa barusan putus loh! Ciee ada kesempatan nih"
   "DEG!"

   Gue kaget karena si Ratu tiba-tiba ngomong gitu. Gue diem. Gue ngga tau mau ngomong apa. Akhirnya gue masuk ke kamar dan ngeliat temen cewek lagi makeup-an. Ngga mau kalah cantik gue juga di kasih bedak dan lipstik sama penata rias yang udah di sewa Bu Ade.
   
   Waktu itu gue pake selendang, dan gue ngga tau cara makenya. Berhubung di kamar lagi ada Syifa, gue pura-pura nanya,
   "Gimana? Ini pakaiannya udah bener belum?"
   "Hm.." Dia merhatiin gue.
   Dia ngebetulin beberapa yang salah. Gue seneng, gue seneng. Iya GUE SENENG!
    Kalau bisa lama, gue bakal salah-salahin aja semuanya biar si Syifa bisa benerin semua yang gue pake. Sayang saat itu semua peserta lagi di kejar waktu.


   *****


   Akhirnya seluruh peserta dari Sumatra Utara selesai memakai pakaian daerahnya dengan lengkap.
   Sebelumnya kami belum tau apa yang bakal di lakuin di aula nanti, kami sempat menyiapkan tarian-tarian "Gagal". Kenapa gagal? Iya, sehari sebelumnya kami juga udah latihan, tapi gagal. Yang lain latihan bareng-bareng kecuali gue dan Syifa. Temen-temen gue yang lain nari batak, sedangkan waktu opening adalah tarian Melayu yang dibawakan oleh gue dan Syifa. Gue minta ajarin sama dia sehari sebelum nampil, tapi sebelum latihan dia tiba-tiba aja masuk kamar terus ngga keluar-keluar. Mungkin dia jijik liat muka gue terus tiba-tiba mual makanya dia langsung masuk ke kamar dan ngga mau ketemu gue lagi.

   Dengan modal pasrah, gue dan kelompok dari Sumatra Utara masuk ke dalam aula. Sempat foto-foto sebentar sebelum acara di mulai.

   "Semua peserta di harap tenang, karena acara akan segera dimulai."
   Fasilitator mencoba mentertibkan seluruh peserta dan guru pembimbing yang ada di aula.
   "Malam ini kita akan mengadakan fashionshow"
   "APA?!" Gue kaget.
   Gue kira cuma disuruh nari dari provinsi masing-masing. Ternyata fashionshow. Tapi ngga apa-apa deh. Yang penting gue sama Syifa berpasangan dan ngga bisa di ganggu gugat, titik!

   Pada waktu itu fasilitator memperagakan gaya fashionshow-nya. Berhubung provinsi Sumatra Utara ada di jauh di urutan paling bawah, gue sempat nyusun dengan gaya yang berbeda, dan kami masih sempat latihan sebentar.
   Saat itu gue ngasih gaya sekalian bisa modus. Gue nyuruh pas show nanti yang berpasangan nge-gandeng pasangannya masing-masing. Temen-temen gue pada setuju, guepun semakin semangat!

   1 provinsi sebelum Sumatra Utara tampil, keadaan di aula mulai sepi. Gue mulai tenang karena ngga terlalu banyak orang yang ngeliatin.
   Akhirnya tiba giliran Sumatra Utara tampil,

   "Kita sambut, Sumatra Utara!!"
   Gue dan temen-temen langsung masuk ke dalam aula dengan tarian dan iringan musik yang sudah di rencanakan tadi. Mendadak seketika aula jadi rame. Gue mulai down. Gue demam panggung. Gue ganteng 
   Gue ngga tau kenapa giliran Sumatra Utara yang muncul mereka semua pada masuk. Apa mereka ngga pernah liat orang SUMUT joget? Ah sudahlah, ngga penting.
    Karena terlalu ramai, mungkin Eben juga terkena demam panggung. Kebetulan waktu itu gue ngasih saran kalau si Eben lah yang ngasih kode buat melakukan gerakan lain, ternyata dia ngga ada ngasih kode apa-apa. Gue udah capek bisikin dan dia ngga denger, mungkin karena suara musik terlalu kencang.

   Untungnya kami meletakkan Nadya pada posisi yang tepat, MC. Dia langsung memberi kode supaya kami merubah gerakan, dll. Akhirnya pertunjukkan dari SUMUT selesai dan kami berhasil keluar dari panggung jahanam itu dengan tangan dan kaki yang masih menempel di tubuh.

   Usai selesai pertunjukkan, Candra menghilang. Sampe sekarang gue ngga tau dia kemana saat itu. Mungkin dia di telan gajah dan dikeluarkan sama eeknya gajah.

   Gue mau ngomong sama Syifa, dan gue NGGA BERANI.
   Gue cuma bisa ngeliat dia dari jauh, sebagai cowok gue ngerasa cemen. Kenapa gue ngga bisa ngomong?
   Akhirnya dia-pun kembali ke asramanya dan ninggalin gue. Gue galau. 

   Sampe di kamar, Candra nanya kabar gue.

   "Gimana sama Syifa?"
   "Ya gitu. Ngga berani ngomong."
   "Lah? Beraniin dong. Besok hari terakhir loh, nyesel kalau ngga ngomong"
   "..."
   Gue diem. Bener kata Candra, gue ngga boleh mendem. Gue ngga boleh jatuh cinta diam-diam. Pada akhirnya, orang yang jatuh cinta diam-diam pasti cuma bisa mendoakan. Mereka cuma bisa mendoakan setelah capek berharap, pengharapan yang ada sejak dulu, yang tumbuh mulai dari hal yang kecil sampai akhirnya makin lama makin besar, lalu lama-kelamaan semakin jauh. Orang yang jatuh cinta diam-diam itu pada dasarnya menerima. Orang yang jatuh cinta diam-diam paham kalau kenyataan terkadang berbeda dengan apa yang kita inginkan. Mereka hanya bisa jatuh cinta sendirian. Terkadang yang kita inginkan bisa jadi yang tidak kita butuhkan, dan sebenarnya yang kita butuhkan hanyalah merelakan.

   Disini gue ngga mau jadi orang yang jatuh cinta diam-diam. Gue ngga mau mendoakan setelah capek berharap. Gue harus usaha buat ngedapetin Syifa. Gue ngga mau merelakan dia buat siapapun, itninya gue harus coba dulu. Gue ngga boleh menyerah sebelum mencoba. Gue ngga mau memenuhi catatan gue dengan perasaan hati yang ngga tersampaikan.

   Dengan dukungan teman-teman gue dari Sumatra Utara dan temen-temen gue yang lain, gue buat pendirian kalau gue harus bisa ngomong ke Syifa tentang hal yang sebenarnya. Iya gue suka dia.

   Malam itu gue tidur lumayan lama, gue mikirin kata-kata yang cocok buat esok harinya, dimana gue harus ngungkapin perasaan, dimana waktu yang tepat dan kata apa yang harus gue keluarin dari mulut gue.

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.

Gallery