Subscribers

Artikel

20/06/2013

Cinta Bersemi di Wiladatika #PART 1




Sabtu, 11 Mei 2013

   "Ardi, kapan kamu kecibubur?"
   "Ha?!"
   
   Gue yang saat lagi belajar di dalam kelas, dan ngga tau apa-apa tentang cibubur, tiba-tiba aja wakil kepala sekolah masuk kelas dan nanya kayak begitu.

   "Iya, cibubur. Emang belum ada dapat kabar?"
   "Ngapain pak? Saya ngga tau apa-apa nih" *Muka polos*
   "Yaudah, kalau gitu kamu ikut bapak ke kantor, kita ngomong di dalam kantor aja."

   Setelah itu gue di permisiin dari kelas buat membahas persoalan yang tadi. Disini gue ngerasa kayak anak bandel yang kena kasus penting. Tiba-tiba di datengin sama wakil kepala sekolah, terus langsung di permisiin dan di bawa ke kantor wakil kepala sekolah.

   Sampailah gue di ruangan wakil kepala sekolah.
   "Ada apa pak?"
   "Jadi gini, bulan lalu bapak disuruh dari kantor pusat buat milih anggota Osis untuk pergi ke cibubur. Jadi bapak pilih kamu."
   "Kenapa say.."
   
   Belum sempat gue nanya, udah di potong sama pak wakil kepala sekolah.
   "Udah lah, yang penting kamu wakil dari sekolah ini. Memangnya kamu belum di kasih tau sama tata usaha?"
   
   Dengan muka bodoh dan polos gue jawab,
   "Belum pak, saya kirain bapak mau ngajakin saya jalan-jalan ke cibubur. Kan lumayan pak, gratis.."
   Lalu hening.

   Setelah lama berbincang, akhirnya gue dibawa ke ruang tata usaha buat ngurusin surat jalan ke cibubur. Ternyata ngga segampang yang gue kira, sekolah gue belum dapat surat resmi dari dinas pusat. Akhirnya gue disuruh pergi ke sekolah yang sudah mendapatkan surat undangan resmi dari dinas.

   Gue pergi ke SMA 1 Medan. Jaraknya ngga jauh dari sekolah gue, kira-kira satu atau dua kilometer. Berhubung gue ngga mau pergi sendirian, jadi gue ngajak temen sebangku gue buat nemenin ke SMA 1.

   Sampai di SMA 1, gue binggung mau kemana. Sebelumnya gue emang udah pernah masuk ke dalem sekolahnya, tapi kali ini dengan suasana yang beda. Mungkin waktu gue ke SMA 1, mereka lagi ngadain pensi dan gue perginya rame-rame bareng temen. Sekarang keadaannya lain, mereka baru pulang sekolah dan lobby sekolahnya penuh sama murid sekolah itu.

   Gue bukannya parno atau sebagainya. Gue takut aja kalau tiba-tiba gue masuk ke lobby terus gue digebukin karena dikira mau maling meja dan kursi mereka. Kan ngga lucu gue bonyok ngga jelas cuma karena itu.

   Akhirnya gue beraniin diri buat masuk ke lobby. Di dalam lobby gue binggung, gue disuruh ke kantor kepala sekolah dan gue ngga tau yang mana kantor kepala sekolahnya. Gue mulai takut, gue ngerasa nyawa gue mulai terancam disini. Makhluk-makhluk yang ngga jelas itu udah pada ngeliatin gue dengan muka sinis.

   Di tengah-tengah ketakutan, tiba-tiba pundak gue di tepuk kuat sama seseorang. Sontak gue kaget dan langsung gue tonjok mukanya,

   "BUGG!!" 
   "Anjrit! Kau pukul aku?! Ngajak berantam kau?!"

   Ternyata itu  satpam sekolah yang ngomong dengan logat bataknya.

   "Maaf pak, saya ngga tau. Saya kirain bapak mau bunuh saya. Bapak sih ngagetin!"
   "Ah lontong kau! Mau ngapain kau kesini?"
   "Eum.. Saya utusan dari sekolah saya pak, mau nanya nih pak, kantor kepala sekolah dimana ya?"
   "Oh bilang la! Dari sini kau lurus aja, pas mentok kau belok ke kanan."
   "Oke. Makasih pak! Maaf ya yang tadi. Haha"
   "Ah bodat kau!"

   Oke. Jujur gue ngga ngerti sama maksud ucapan si satpam yang terakhir. Gue ngga tau dia marah karena gue tonjok tadi, atau dia seneng karena gue udah minta maaf dan berterimakasih. Setelah mendengar intruksi dari satpam tadi, gue langsung menuju ruangan kepala sekolah.

   Sampai di ruang kepala sekolah, gue berkenalan sama guru pendamping yang akan nemenin gue ke cibubur. Disitu gue di kasih surat jalan dan keperluan lainnya. Bukan cuma itu, gue disuruh pergi bulak-balik ke fotocopy buat ngopy kertas-kertas tadi.


*****


Senin, 13 Mei 2013 ( Hari pertama )

   Gue udah stay di airport Polonia Medan sekitar pukul delapan pagi.
   Gue dan guru pendamping dari SMA 1, sebelumnya udah janjian di bandara jam delapan pagi, tapi kenyataannya di bandara belum ada satu peserta-pun yang nyampe kecuali gue. Kebetulan gue ada daftar nama peserta yang ikut dari Sumatra Utara, dan salah satu pesertanya ada temen gue. Gue langsung nelpon dan nanya lokasi dia dimana, ternyata dia udah nyampe di bandara.

NB
Dicibubur ada acara LDK Osis Nasional yang dilaksanakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jadi pesertanya dari seluruh Indonesia. Setiap provinsi di undang 9 orang siswa/siswi dan 2 guru pendamping. Setiap perwakilan dari sekolah yang berbeda.

   Akhirnya gue ketemu juga sama temen gue yang tadi. Sebut aja namanya Nadya, dia temen gue waktu SMP. Karena gue dan Nadya udah kelamaan nunggu, gue putuskan buat nyari tempat cerita yang ada tempat duduknya.
   Ngga lama gue dan Nadya duduk, tiba-tiba seorang lelaki dengan postur tubuh yang lumayan tinggi dan dengan badan yang tegap menghampiri kami berdua.

   "Peserta LDK ya?"
   Tanya dia.
   "Iya, kamu juga ya? Yaudah duduk disini aja, kenalan dulu."

   Gue dapat temen baru. Sebut namanya Eben. Nama aslinya "Even Ezer Saragih" itu yang tertulis di buku peserta LDK. Gue ngga tau kenapa si Eben ini mau di panggil "Eben". Padahal namanya keren, tapi dia rela ngubah namanya jadi "Eben". Gue berpikir, mungkin dia itu bencong makam pahlawan yang sering di panggil "EhBENCONG!" sama om-om senang. Tapi yasudah lah, itu urusan dia dan orang tuanya.

   Balik ke topik dapat teman baru tadi. Gue mencoba mengakrab-kan diri sama Eben. Selagi gue, Nadya, dan Eben berbincang-bincang. Terlihat dari jauh sesosok perempuan berambut panjang dengan badan yang bulat dan gendut. Dia adalah genderuwo guru pendamping gue yang ke-2. Sosok menakutkan itu mendekati ke arah kami bertiga.

   "Kalian peserta LDK-kan?"
   "Iya bu", jawab gue.
   "Bagus deh. Ibu guru pendamping kalian yang ke-dua nak. Nama ibu "Ade". Oh iya, Kemana pak Syawal? (Guru pendamping pertama)?"
   "Tadi udah saya hubungin bu, katanya masih di jalan."
   "Halah, bapak itu ngga jelaspun. Mana peserta yang lain? Masih kalian bertiga?"
   "Kalau udah pada dateng, pasti kami ngumpul disini semua bego!"
   "Iya nih, baru kami bertiga doang yang dateng."

   Ngga ada angin, ngga ada hujan. Tiba-tiba bu Ade meletakkan koper dan tasnya di kursi. Dia membuka tasnya dan mengeluarkan dua lembar kertas lengkap dengan alat tulisnya. 
   Gue, Nadya, dan Eben cuma bisa benggong. Gue benggong karena ngga ngerti apa yang di lakuin bu Ade. Nadya benggong karena gue benggong dan Eben benggong karena gue dan Nadya benggong. Beberapa menit kemudian eben mulai ngences dan kejang-kejang.

   "Nih,kalian pegang ini"

   Bu ade ngasih gue dan Eben kertas. Pas gue baca, tulisan yang ada di kertasnya adalah, "Peserta LDK Osis 2013".

   "Kalian keliling ya, Eben di luar, Ardi di deket pintu masuk bandara. Mungkin aja ada temen kita yang udah nyampe tapi ngga tau mana peserta lainnya. Kalau Nadya disini aja, jagain koper sama tas kalian."

   "Anjrit! Gue kayak anak hilang gini." Pikir gue.

   Akhirnya gue dan Eben pasrah. Eben memulai aksinya dengan selembar kertas dan keliling bandara, sedangkan gue keliling di deket pintu masuk bandar. Ya. Kasian gue dan Eben..


*****


   Jam sudah menunjukkan pukul setengah sepuluh. Semua peserta dan guru udah lengkap. Semuanya udah terkumpul. Ongkos pesawat sebelumnya udah di kasih ke pak Syawal. Berhubung semuanya udah lengkap, kami masuk ke ruang tunggu bandara.

   Diruang tunggu gue kenalan sama peserta lainnya. Joko asalnya dari sekolah di Pematang Siantar dan Chandra asalnya dari Nias. Di pihak cowok cuma ada gue, Eben, Chandra dan Joko. Sedangkan di pihak cewek ada Nadya, Tasya, Syifa, Ratu dan Lili.

   Ternyata selain Nadya, Tasya juga temen gue. Temen SD. Gue lupa sama namanya, tapi gue masih inget sama mimik wajahnya. Ya beruntung lah gue ketemu di bandara, sekalian bisa modus silaturahmi lagi.

   Ngga kerasa udah jam sepuluh. Gue dan peserta lainnya udah disuruh naik ke pesawat. Itu waktunya gue ninggalin Medan. Itu waktunya gue ninggalin temen-temen sekolah gue. Itu waktunya gue ninggalin kucing gue sendirian dirumah. Kasian dia kedinginan, tidurnya juga ngga ada yang nemenin. Oke ini lebay.

   Gue langsung menuju pintu keluar bandara, dan gue masuk ke dalam bus yang mengahantarkan gue ke pesawat. Waktu itu gue duduk di sebelah Nadya dan Joko. Pukul sepuluh lewat dua puluh menit gue take off dari bandara Polonia Medan.

4 comments:

Powered by Blogger.

Gallery